Produk life cycle atau siklus hidup produk adalah suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan kepasar hingga ditariknya produk tersebut dari pasar. Siklus hidup produk ini merupakan konsep yang sangat penting dalam melakukan pemasaran, hal ini dikarenakan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk.
Tahapan-tahapan product life cycle
Yaitu tahapan pertama dalam siklus hidup produk dimana produsen memperkenalkan produk barunya kepada pasar atau masyarakat umum
Yaitu tahapan dimana produk yang sudah diperkenalkan tersebut sudah dikenal dan diterima oleh pasar atau masyarakat umum
Pada tahap ini produk yang dijual mengalami peningkatan omset penjualanyang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya
Pada tahap ini produk mengalami penurunan, penjualan dan keuntungan akan semakin menurun dan jika tidak melakukan strategi yang tepat produk yang ditawarkan mungkin akan hilang dari pasar.
Tahapan-tahapan product life cycle
- Perkenalan (introduction)
Yaitu tahapan pertama dalam siklus hidup produk dimana produsen memperkenalkan produk barunya kepada pasar atau masyarakat umum
- Perkembangan (growth)
Yaitu tahapan dimana produk yang sudah diperkenalkan tersebut sudah dikenal dan diterima oleh pasar atau masyarakat umum
- Kedewasaan(maturity)
Pada tahap ini produk yang dijual mengalami peningkatan omset penjualanyang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya
- Penurunan(decline)
Pada tahap ini produk mengalami penurunan, penjualan dan keuntungan akan semakin menurun dan jika tidak melakukan strategi yang tepat produk yang ditawarkan mungkin akan hilang dari pasar.
Comments
Post a Comment