Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau
penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar
menyangkut lokasi pasar, luasanya pasar, sifat pasar dan karakteristik pasar.
Dalam menganalisis pasar, suatu perusahaan perlu melakukan peninjauan jenis
pasar produknya, motif serta perilaku. Masalah yang perlu dianalisis didalam
pasar antara lain besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktuR pasar serta
peluang-peluang pasar.
Identifikasi kebutuhan konsumen adalah suatu proses yang terdiri dari pengumpulan data mentah dari pelanggan atau konsumen, kemudian menginterpretasikan data mentah tersebut kedalam istilah kebutuhan konsumen, mengelompokan kebutuhan konsumen serta mereflesikan kedalam hasil dan proses. Tujuan dari identifikasi kebutuhan konsumen antara lain untuk memastikan produk terfokus pada kebutuhan konsumen, sebagai dasar dalam penetapan spesifikasi produk, serta membangun pemahaman bersama tentang kebutuhan konsumen diantara tim pengembang. Dengan adanya identifikasi kebutuhan konsumen, diharapkan mampu memahami kebutuhan konsumen sehingga dihasilkan sekumpulan pernyataan konsumen yang tersusun secara hirarki dengan bobot kepentingan.
Comments
Post a Comment