Skip to main content

Pengertian Analisis Pasar dan Identifikasi Kebutuhan Konsumen

Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasanya pasar, sifat pasar dan karakteristik pasar. Dalam menganalisis pasar, suatu perusahaan perlu melakukan peninjauan jenis pasar produknya, motif serta perilaku. Masalah yang perlu dianalisis didalam pasar antara lain besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktuR pasar serta peluang-peluang pasar.

                Identifikasi kebutuhan konsumen adalah suatu proses yang terdiri dari pengumpulan data mentah dari pelanggan atau konsumen, kemudian menginterpretasikan data mentah tersebut kedalam istilah kebutuhan konsumen, mengelompokan kebutuhan konsumen serta mereflesikan kedalam hasil dan proses. Tujuan dari identifikasi kebutuhan konsumen antara lain untuk memastikan produk terfokus pada kebutuhan konsumen, sebagai dasar dalam penetapan spesifikasi produk, serta membangun pemahaman bersama tentang kebutuhan konsumen diantara tim pengembang. Dengan adanya identifikasi kebutuhan konsumen, diharapkan mampu memahami kebutuhan konsumen sehingga dihasilkan sekumpulan pernyataan konsumen yang tersusun secara hirarki dengan bobot kepentingan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Peta Morfologi dan Motede Weighted Objective

Peta morfologi merupakan sebuah metode yang memanfaatkan fenomena dan membantu desainer atau perancang prodek untuk mengidentifikasi komninasi-kombinasi dari elemen-elemen atau komponen-komponen. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk meperluas pencarian solusi baru. Kata “morphology” berarti belajar bentuk, sehingga “morphological Analisi” merupakan suatu usaha yang isitematis untuk menganalisi bentuk dari suatu produk/mesin yang mungkin dipelajari. Metode weighted objective merupakan suatub metode yang bertujuan untuk membandingkan nilai-nilai bantu dari setiap rancangan alternative sehingga diperoleh rancangan alternative yang terpilih. Langkah-langkah dalam penggunaan metode weighted objective: Daftar rancangan produk Urutan ranking dari daftar benda (pair-wise comparison) Menentukan bobot relative dari benda (estimasi nilai keunggulan) Menentukan parameter performa atau nilai guna skor untuk masing-masing benda Perhitungan dan perbandingan nilai utilitas relative dari

Pengertian Kuesioner Dan Diagram Pohon Tujuan

Kuesioner merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analisis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, prilaku seta karakteristik beberapa orang utama didalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh system yang diajukan atau oleh system yang sudah ada. Kuesioner memiliki beberapa fungsi, khusunya dalam melakukan identifikasi kebutuhan konsumen. Kuesioner ini digunakan sebagai suatu metode atau teknik pengumpulan data dan informasi  yang memungkinkan analisis mengenai produk dan kebutuhan konsumen. Tujuannya agar produk tersebut dapat terfokuskan dengan kebutuhan konsumen. Diagram pohon tujuan atau tree diagram adalah suatu metode yang digunakan untuk membagikan ketegori-kategori pasar kedalam tingkat yang lebih kecil atau terperinci. Diagram pohon juga disebut dengan diagram hirarki (hierarchy diagram), diagram sistematis (systematic diagram) dan pohon analisis (Analysis Tree). Diagram pohon tujuan memiliki fungsi antara lain : Membantu menemukan akar permasalahan M